Pengakuan Murid Menginspirasiku dalam Berkarya Sebagai Guru

Cape Makar: Perjalanan panjang seorang guru kampung, dari Detunglikong, Maumere Flores hingga Papua, kemudian melangkah lagi menuju ibu kota Jakarta; memaksaku untuk belajar berdiri kokoh di tengah ketidakberdayaan. Namun pengakuan jujur dari para murid, ibarat embun penyejuk di tengah dahaga. Berikut ini adalah ungkapan para murid tentang Martin Karakabu, si guru Kampung via line atas karyaku yang tidak sehebat para guru hebat.

Pengakuan Murid Menginspirasiku dalam Berkarya Sebagai Guru
Hellen
Hellen Yoanita,
Muridku yang cerdas, metropolitan, dan tim sukses Tuhan yang hebat. Inilah katanya padaku via line;

Makasi ya pakk ud ngajarin saya setaun ini hehe tapi sebenernya saya mau makasih sama bapak bukan karna bapak ngajarin saya bi doangg, banyak pak guru bi dimana mana haha tapi buat jadi wali kelas sekaligus pembimbing dan pendengar yg baik itu ga semua orang bisa pak, tapi bapak bisa! makasih pakkk uda bikin saya juara 1 di KKG kemaren, ya mungkin emang banyak org yg berperann, ga cuma bapak doang. tapi kalo bapak ga paksa saya buat ikut lomba juga saya gatau pak kalo ternyata saya bisa. padahal dari dulu saya paling males pak ikut lomba kek gtu dann sebenernya ga bapak doang yg belajar banyak dri kita semuaa, kita jg belajar banyak dari bapakk. saya gamau panjang panjang deh nanti kalo ketemu sama bapak saya jadi malu!!!! kapan lagi pak saya ngmg kayak begini begini WKWKKW ud ah pakk! oh yaa! selamat pak bapak sudah menjadi guru kampung yang dicintai lewat cara bapak gila bareng kita selama iniii!!

Tulisan yang dikirim via lain di atas, sengaja tidak kuedit agar layak dibaca oleh khalayak. Melinkan kubiarkan keorisinalannya terpatri biar kudapati jejak pikir dari muridku yang budiman itu. Untuk guru bangsa di mana saja mengabdi, pengakuan adalah sebuah wujud dari kerja nyata profesionalisme guru, semua bisa kita terima jika kita melakukan profesi mulia tersebut dengan tulus hati.

Pengakuan Murid Menginspirasiku dalam Berkarya Sebagai Guru
Jeniffer dkk bersama Martin Karakabu, si guru Kampung 
Lain Hellen lain Jeniffer, gadis ceriah yang potensial. Kata-katanya seperti berbelihan namun itulah yang dirasakan, dan inilah katanya pada guru kampung macam saya.

pak martin... saya mau ngmg serius deh sm bapak. ya mgkin ini sedikit lebay tp gpp lah ya pak wkwk. nih pak. saya berterima kasih bgtttttttt pak sama bapaakkkk. makasi buat 1 taunnya bapa uda ngedidik saya dari awal kelas 10 smpe sekarang. saya jg makasi bangettt sama Tuhan soalnya Tuhan bs temuin saya sama org yang kaya bapak. saya bersyukur bgt bs ktmu org kaya bapak. tp bener deh pak, seumur2 sya bru prtama kali ketemu guru yg kaya bapak. bapa tuh bs jdi inspirasi saya bgt. klo mau jujur ya pak, bapa bener2 guru favorit saya pak. wali kelas paling the best!!!!! guru paling the besttt!!! bapa yg bisa buat saya tenang. bapa yg bisa buat saya jd lebi dewasa. bapa yg slalu kasi solusi klo saya ada masalah. ya jujur aja pak klo emg gada bapak jg saya kayanya ga berubah. saya itu tipe org yang bodo amat pak. yg ga tanggung jawab. tp semenjak ada bapak, saya bs belajar sedikit2 jd org yg tanggung jawab, jdi lebi disiplin. ya wlpun kadang bapa suka marah2 di kelas, tp saya sadar klo emg bapak marah jg demi kebaikan saya. ya jujur aja wktu awal2 kenal bapak itu saya agak sdikit kesel gitu lah klo bpk suka marah2. tp ya lama kelamaan saya bs tau sifat bapak kek gmn. saya gatau pak hrus bales budi ke bapak kek gmna. tapi saya janji pak wlpun bapa uda ga ngajar di SMA, saya bakal lebi rajin pak. ya saya itu orgnya ga gesit pak. klo ga disuruh ya saya ga lakuin wkwk. klo bapak ga marahin saya jg pasti saya bakal kek milano pak wkwk. jadi ya selama ini bapa uda buat sifat saya brubah banyak. ya mgkin uda lah ini ajaaa kata2 saya wkwkwkwk. maap pak klo lebay tp ini serius bapak bener2 guru kesukaan saya bangeettttt!! pokonyaa nanti kedepannya smoga bapa bisa jadi org yg lebi sabar. jangan gmpng emosian pak. banyak2 doa pak biar bisa lebi sabar. klo bapak lagi kena masalah jgn takut buat hadepinnya pak anggep itu rencana dr yg diatas. rencana Tuhan kan slalu indah pak wkwkkw asek. ya pokonyaaa sukses terus deh pak kedepannyaaaa! makasiiii banget pakkk. ni saya bonusin ayat deh 'Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa; Janganlah matahari terbenam sebelum padam amarahmu' Efesus 4:26. dah yaaa pakk cape ngetiknyaa bye pak thankyouuuuu!!!

Mungkin benar kata pepatah, guru hebat itu baik tetapi jauh lebih baik jika guru menginspirasi. Apakah yang saya lakukan ini bermakna atau bisa menginspirasi remaja digital itu?. Saya pikir sulit untuk menjawabbya, tetapi yang pasti waktu akan bisa menjawab kekonsistenan sebuah komitmen. Mungkinkah pengakuan ini akan sama jika suatu saat kesalahan kecil yang kubuat terjadi padanya?. Lagi-lagi hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Pengakuan Murid Menginspirasiku dalam Berkarya Sebagai Guru
Saya Martin Karakabu (baju hitam)
hanya seorang guru kampung yang sedang belajar jadi pendidik

Banyak yang diungkapkan murid, namun untuk apa berujar panjang lebar jika tidak berfaedah. Untuk para guru hebat, menjadi guru adalah pilihan hidup yang teramat mulia, yakni memanusiakan manusia agar lebih manusiawi. Semua itu bisa kita lakukan dengan baik, jika CINTA yang menjadi dasar dari tugas panggilan guru yang kita sandingkan. Salam.(Makar admin blog Gubanesia)



Baca juga

  1. Catatan Seorang Wali Kelas
  2. Saya Tidak Senang Menjadi yang Terbaik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengakuan Murid Menginspirasiku dalam Berkarya Sebagai Guru"

Posting Komentar