Inilah 10 Blog Hebat yang Menemani Perjalanan saya Belajar Blog

Gubanesia, salah satu dari 3 blog yang saya kelola
Cape Makar: Sebagai orang kampung yang yang sangat awam terhadap teknologi informasi maka saya harus banyak belajar. Termasuk belajar membuat blog, desain, dan menerapkan apa yang disebut SEO (Sampai saat ini saya pun belum mengerti istilah tersebut, namun istilah tersebut familiar di dunia blogging).

Berikut ini saya uraikan sedikit, blog - blog yang menjadi tempat saya mendapatkan inspirasi menulis, wadah saya belajar menulis, maupun belajar membuat blog, desain, dan menerapkan apa yang disebut SEO oleh para pakar.

Pertama: Sugeng Id.
Ini adalah blog pertama dan tempat refrensi utama saya belajar blog. Tampilan blognya sangat sederhana, namun soal isi jangan pernah ragukan. Penjelasanya soal bagimana membuat blog dari A-Z akan dikupas tuntas di sugeng Id blog. Tidak percaya baca saja tulisan ini, Cara membuat blog sederhana bagi pemula. 

Saya sangat merekomendasikan siapun yang baru belajar blog untuk baca terlebih dahulu semua tulisan mas sugeng pada blog yang diberi nama sugeng Id tersebut. Dijamin tidak menyesal, daripada bolak-balik cari tutorial cara membuat blog yang teramat sangat banyak, akhirnya bingung sendiri sehingga tidak pernah jadi blognya. Sedikit informasi mas Sugeng pun ahli dalam membuat templete blog dan templete yang saya pakai ini salah satu hasil karyanya. 
Apa sudah bisa membuat blog sendiri?.
Kalau sudah mari kita bicara soal templete. Sebab ini sesuatu yang menarik bagi bloger pemula (saya dulu pun sama). Ups, jangan tanyakan pada saya apa itu templete, tanyakan saja pada blog yang paling berjasa berikut ini karena sayapun sama dengan anda, kita pemula.

Kedua: CB Bloger
          Biasanya kalau sudah bisa buat blog, bloger pemula sering menghabiskan waktunya untuk gonta-ganti templete (pengalaman saya). Soal ini baca kisah saya di sini. Miliki tiga hal ini maka engkau bahagia.
CB bloger adalah sebuah blog yang membuat saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam di di depan komputer hanya untuk mencoba karya-karya terbaiknya. Mau yang berbayar dan gratis semua ada. Saya memang belum pernah memakai templete berbayar dari CB bloger, tetapi yang versi gratis semua karyanya saya pakai (sebelum memakai templete Evo’magz karya mas Sugeng). Soal templete saya rekomendasikan untuk bloger pemula mengunjungi CB bloger dan telusuri satu persatu maha karya CB Bloger yang hebat, keren, dan mantap.

Ketiga: Juragan Cipir Blog
           Kalau sudah lelah belajar blog, putus asah, dan tidak bertenaga lagi dalam menulis konten-konten yang berkualitas. Akhirnya memutuskan stop jadi bloger, maka sebagai teman yang baik saya rekomendasikan untuk membaca perjalanan bloger juragan cipir. Telusuri lebih dalam, semua tulisan refleksinya, jika anda serius belajar blog pasti semangat dan gairah menulis pasti bangkit lagi.

Keempat: Ekomunikasi Blog
              Mungkin di luar sana banyak bloger yang lebih hebat dari mas Eko Purnomo, tetapi blog ini tempat saya yang pertama belajar mengutak-atik blog (setelah dapat dasar dan semangat dari tiga blog yang saya sebutkan pertama); terutama tentang sosial medianya. Soal menarik, bagus atau jelek itu relatif tetapi blog ini telah menjadi salah satu tempat saya belajar blog. Terima kasih mas Eko. Terus berkarya Sukses selalu.

Kelima: blog rivaekaputra.com
            Kalian yang bingung cara membuat, Privacy PolicyTos, Disclaimer dalam Bahasa Indonesia. Riva Eka Putra jawaban terbaik yang sangat saya anjurkan. Blog saya pun soal kebijakan hukum privasi, ketentuan, dan pernyataan penolakan 90 persen berkat bantuan tulisan mas Riva yang berjudul Contoh privacy policy dalam Bahasa Indonesia. 
Jadi jika teman-teman bloger yang sedang mencari tahu cara membuat disclaimer dan lain-lain baca dan pelajari tulisan mas Riva. Terima kasih mas, terus berkarya untuk kebaikan bersama. Salam.

Keenam: Bloger Otodidak
            Kalau kalian yang ingin tulisan di halaman about us keren dan profesional (versi saya ya) maka jangan sungkan untuk kunjungi blog mas Ahmad Suheri tersebut, kemudian cari tulisan yang berjudul cara membuat halaman about terlihat profesional, pelajari dan terapkan. Hasilnya tidak mengecewakan kok.

Ketujuh: Dusble.com
            Blog ini unik buat saya, terutama gaya penulis menulis. Tidak formal, santai dan agak sedikit komedi. Tetapi isinya jelas dan menarik. Ini contoh gaya tulisan yang saya suka. Oh ya hampir lupa kalau mau buat kontak us yang keren ada tutorialnya di Dusble.com. Cari saja!. Sory uda malem mau tidur jadi ga bisa bantu  cari ya gan.

Kedelapan: Buat Blog Kang Roes
           Blog yang beralamat  http://jasapembuatanblog-murah.blogspot.co.id tersebut menawarkan jasa pembuatan blog murah. Namun itu bukan fokus sharing saya. Melainkan cara membuat halaman facebooklah yang sangat saya sarankan untuk dikunjungi. 
Blog ini bisa saya katakan langganan saya jika ingin membuat halaman face book. Sangat muda, ga pakai lama, apalagi ribet. Kunjungi halaman di atas dan pelajari lebih lanjut dan dapatkan pencerahannya.

Kesembilan: Lujunai.wordpress.com
Ini adalah sebuah blog yang dikelola oleh seorang wartawan muda yang potensial, editor handal, dan penulis inspiratif. Namanya Timoteus Martin. Jika tertarik dan ingin mengenalnya lebihnya dekat, baca secuil kisah perjalanan onlinenya di sini, SUARA REDAKSI.
Karya-karyanya lah yang menginspirasi saya untuk terus menulis sampai saat ini. Kalau pembaca yang mengenal atau mengetahui gaya penulisan Khairil Gibran, anda bisa mengunjungi https://lujunai.wordpress.com dan pelajari gaya penulis muda ini mengolah kata.

Sebuluh: Makar Blog
            Makar blog adalah blog personal milik saya sendiri. Bagus tidak, jelek pun menurut saya tidak. Intinya biasa-biasa saja, tetapi makar blog dan “saudaranya” gubanesia blog adalah tempat saya belajar menulis dan berbagi, barang kali bisa berarti. 
Apakah hanya 9 bloger yang menemani perjalanan saya belajar blog selama ini?. Sama sekali tidak. Seluruh bloger Indonesia semuanya menginspirasi dan membawa manfaatnya untuk saya, baik secara langsung maupun tidak langsung. 
Hanya karena keterbatasan waktu dan akses saja yang membatasi saya, sehingga hanya menulis blog-blog yang sering saya kunjungi dan pelajari saja, dan 10 adalah blog saya sendiri sebagai pelengkap bagi saya dalam belajar blog. 
Terima kasih untuk inspirasi dan manfaat yang dihadirkan dari para bloger hebat  untuk pemula seperti saya. Teruslah berkarya untuk kebaikan bersama.
Sekali lagi terima kasih seluruh bloger Indonesia, tetap semangat dan teruslah berkarya untuk memberi pencerahan pada dunia.*** (Makar admin blog Gubanesia)

Catatan:
Saya tidak memiliki kepentingan apapun dengan para bloger yang saya sebutkan di atas, saya pun tidak dibayar untuk apapun yang saya lakukan. Ini murni hanya berbagi dan belajar menulis.

Baca juga:

Miliki 3 Hal ini Maka Engkau Bahagia 

0 Response to "Inilah 10 Blog Hebat yang Menemani Perjalanan saya Belajar Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel